Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemanfaatan Google Form untuk membuat formulir

Google Form ini merupakan sebuah Formulir online yang dapat diakses di mana saja selama terdapat koneksi internet, sehingga untuk mengisi sebuah formulir pendaftaran misalnya, anda tidak perlu mendownload kemudian mengirimkan formulir tersebut via pos dan sebagainya.



Langkah pertama untuk dapat membuat Google Form ini tentu saja anda harus memiliki Akun Google. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini :


Setelah masuk ke google.com, pilih Drive
Klik “Buat” kemudian pilih “Formulir” / “Form” untuk memulai pembuatan formulir






          Ketikkan Nama Formulir pada Kolom Judul Formulir





     Ketikkan Judul dan Deskripsi Formulir pada kolom yang telah disediakan. Kemudian masukkan Judul Pertanyaan, Teks Bantuan (Jika dikehendaki), dan pilih Jenis Pertanyaan. Jika anda memasukkan Judul Pertanyaan seperti “Nama” misalnya, pilih Jenis Pertanyaan “Teks”, dan masih banyak Jenis Pertanyaan, silakan dicoba-coba sendiri Ya. Untuk kolom Pertanyaan Wajib di bawah itu silakan dicentang apabila Pertanyaan tersebut bersifat wajib diisi.











Untuk menambahkan pertanyaan klik “Tambahkan Item”




Setelah selesai memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang dikehendaki, klik “Kirim Formulir” untuk dapat memberikan Formulir tersebut kepada orang-orang yang dituju




Masukkan beberapa alamat e-mail orang yang anda tuju kemudian klik “Selesai”



Tulis nama email temen-teman yang akan dikirim.


Masukkan nama file spreadsheet baru yang berisi tanggapan dari form yang telah kita buat. Jika sudah klik tombol Buat.
Buka kembali halaman Google Drive Anda dan refresh. Akan muncul file baru yang berisi daftar tanggapan form yang kita buat. Klik untuk melihat detailnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar